Tuesday, March 10, 2015

Lintas Kata Goes to High Scope Bintaro

Sudah pernah lihat buku ini kan? Udah baca belum? Udah dikerjain belum tugas-tugas di dalamnya?
Hayooo, kalau belum, buruan diisi untuk memahami karakter diri kamu.

BTW, hari ini penulis DEAR ME! alias Tara de Thouars datang ke High Scope Bintaro lho.
Banyak juga ya pertanyaan dari teman-teman tentang masa remaja. Misalnya, kenapa masa remaja begitu rumit, apakah boleh kita tidak menceritakan masalah kita kepada orangtua, dan sebagainya.

Q: Kenapa remaja begitu rumit?
A: Karena remaja adalah masa-masa dimana menghadapi masalah baru yang belum pernah dihadapi. Jadi, remaja merasa bingung karena ingin diterima oleh orang lain di sekitarnya. Remaja selalu berpikir apa yang ada di luar dirinya, seperti "Apakah temanku menyukaiku?" dan sebagainya. 

Q:Apakah boleh kalau kita tidak menceritakan masalah kita dengan orangtua?
A: Nggak apa-apa. Sebab, curhat adalah waktu dimana kita menceritakan masalah kita dengan seseorang yang nyaman. Kamu juga pasti curhat dengan seorang teman yang membuat kamu nyaman kan? Kalau kamu nggak merasa nyaman dengan seseorang,  nggak perlu curhat dengannya. Nah, masalahnya adalah kamu tidak merasa nyaman dengan orangtua. Ada yang harus dicari tahu kenapa kamu nggak merasa nyaman di keluarga kamu sendiri. Nah, dalam buku DEAR ME! juga ada tugas yang harus kamu kerjakan seputar dengan keluargamu.

Q: Apa perbedaan depresi dan kecemasan?
A: Depresi adalah apa yang kamu pikirkan. Sedangkan kecemasan adalah ketakutan yang berasal dari luar diri kamu. Contohnya sewaktu kamu ke mall, tiba-tiba ada seseorang yang memerhatikan penampilanmu dari atas ke bawah. Kalau kamu berpikir "Ih, ngapain sih dia ngeliatin gue?" --> ini berarti kamu marah. Kalau kamu berpikir, "Kok dia ngeliatin gue ya, apa yang salah ya dari penampilan gue?" --> ini berarti kamu bingung. Kalau kamu berpikir, "Dia ngapain ngeliatin gue ya, padahal kan nggak pernah ada orang yang mau ngeliatin gue :(" --> Ini berartu kamu sedih. Nah pikiran-pikiran tersebut dihasilkan dari diri kamu sendiri. Kamu yang menghasilkan kesedihan atau kebahagiaan. 

Yap, itulah jawaban dari Tara de Thouars ^^, Semoga teman-teman mendapat sesuatu yang bermanfaat dari pertemuan hari ini.





2 comments:

  1. Semoga buku Dear Me laris manis ya

    ReplyDelete
  2. Kak tara cantik banget😍 #salahfokus ke Bintaro kak? Ke Bogor kapan? :(

    ReplyDelete