Monday, May 4, 2015

Jenis Tes Psikologi

Jenis-jenis Tes Psikologi versi Link

Dalam buku “Who Am I? 3” ada banyak pertanyaan yang bisa membantumu mengenali dirimu. Nah, pertanyaan-pertanyaan ini terdiri dari berbagai jenis tes, seperti berikut:

- Kokologi: adalah bagian dari tes psikologi populer dengan mengembangkan 
permainan psikologi dan penempatan situasi sebagai acuan dalam bertingkah laku.

- Grafologi: ilmu atau seni membaca tulisan tangan seseorang. Mirip seperti DNA atau sidik jari seseorang, yang punya keunikan sendiri. Menurut riset, akurasi dan ketepatan analisa tulisan tangan mencapai lebih dari  80%.

- Tes Proyeksi: bagian dari tes psikologi yang memetakan kita dalam situasi tertentu dalam rangka mengkaji pandangan dan pikiran bawah sadar, baru kemudian diinterpretasikan dalam bentuk perilaku yang umum.

- Tes DISC: pertama kali disusun secara sistemis oleh Hippocrates, digunakan sampai abad pertengahan, berdasarkan cairan tubuh yang dominan dalam diri manusia yang menentukan perilaku manusia (kepercayaan dan kebudayaan Yunani Kuno), kemudian dikembangkan lagi oleh seorang psychologist Swiss, Carl Gustav Jung, yang mendefinisikan kepribadian menjadi empat tipe yang berbeda: sensing, intuitive, feeling  dan thinking. Baru kemudian pada awal 1920, seorang ahli psikologi dari Amerika Serikat, William Moulton Marston, mengembangkan teori untuk menjelaskan respon emosional seseorang yang dikenal sebagai The Emotions of Normal People.

- Test Minat Karier: tes ini merupakan hasil pengembangan dari The Rothwell Miller Interest Blank Test yang pertama kali disusun oleh Rothwell pada tahun 1947 pertama hanya memiliki 9 jenis kategori dari jenis-jenis pekerjaan yang ada. Dan pada tahun 1958, Kenneth Miller memperluas tes tersebut menjadi 12 jenis pekerjaan.

4 comments:

  1. Pengen ikut Tes Minat Karier supaya bisa menentukan pekerjaan yang sesuai dengan diri kita

    ReplyDelete
  2. Tes DISC unk banget ya! Pake cairan tubuh hahahah

    ReplyDelete
  3. Wiii keren nih! Suka banget sama buku buku sepert ini. Sangat bermutu dan mendidik!

    ReplyDelete
  4. Udah baca bukunya ^^ dan asik banget kalo dibaca barengan temen-temen, seru !

    ReplyDelete